Sunday, June 5, 2011

Fiqih Sunah Edisi Lengkap (3 jilid)


Judul : Fiqih Sunah
Penulis : Sayyid Sabiq
Penerbit : Al-I'tishom
Harga : Rp. 499.900,-  Rp. 374.925,-  (diskon 25%)

Kerap kali kita merasa kesulitan saat membaca kitab fiqih atau belajar fiqih karena istilah-istilah yang sulit dipahami. Namun berbeda dengan kitab fiqih sunah karya Syaikh Sayyid Sabiq. Kitab yang ditulis selama 30 tahun ini merupakan buku fiqih sederhana yang menggunakan metode "Fiqih Dalil". Setiap permasalahan fiqih dibahas, disertai dalil, baik dari Al-Qur'an, As-Sunah, Al-Ijma', atau dalil-dalil fiqih lainnya.


Walaupun sederhana, buku ini mencakup berbagai masalah fiqih yang biasa kita hadapi dalam keseharian. Tidak berlebihan kalau dikatakan , dengan membaca buku fiqih sunah, kebutuhan kita akan fiqih sudah terpenuhi.

Masalah-masalah fiqih dalam buku ini dipaparkan dengan gaya bahasa yang mudah dicerna dan lengkap. Lebih dari itu, Syaikh Sayyid Sabiq berusaha tidak mengangkat perbedaan pendapat yang terjadi di antara para ulama. Namun, jika mengharuskan, Sayyid Sabiq mengemukakannya sekilas.

Sayyid Sabiq tidak pernah menarik pendapat-pendapatnya dalam buku ini. Hal ini menunjukkan bahwa beliau tidak menemukan dalil yang mengharuskan beliau menarik pendapatnya dan menggantinya.

Beberapa kritik dilontarkan terhadap buku ini. Di antara kritik yang ada, "buku ini tidak bermazhab, tidak bermazhab adalah pintu menuju tidak beragama". Namun sesungguhnya, buku ini tidak bisa dikatakan tidak bermazhab karena buku ini tidak menyerang mazhab dan tidak menyatakan tidak setuju dengan mazhab. Sayyid Sabiq berpegang pada kaidah, "Setiap ilmu yang diambil dari ahlinya bisa diterima".

Untuk menjaga kesamaan makna, Fiqih Sunah yang diterbitkan Al-I'tishom ini diedit oleh editor ahli. Dr. Mohamad Taufik Hulaimi, M.A., M.Ed. Seorang Doktor di bidang ushul fiqih di Fakultas Syariah Universitas Umm Darman dan pengajar Fiqih Sunah sekaligus orang yang pernah bertemu dan belajar Fiqih Sunah dengan penulis.

No comments:

Post a Comment