Friday, June 10, 2011

Fiqih Bayi


Judul : Fiqih Bayi
Penulis : Ibnul Qayyim Al-Jauziyah
Penerbit : Fikr
ISBN : 979-15519-0-1
Harga : Rp.55.000   Rp. 41.250  (diskon 25%)

"... Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki, Dia memberi anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberi anak-anak lelaki kepada siapa saja yang Dia kehendaki." (asy-Syura [42] : 49)

Bagi setiap orang kelahiran bayi merupakan sesuatu yang istimewa. Kejadiannya sebagai peristiwa yang mendebarkan, penuh harap-harap cemas, tapi juga menyenangkan, terutama bagi ayah dan ibunya. Sedemikian istimewanya hingga berbagai cara dilakukan orang untuk menyambutnya. Mulai dari acara tasyakuran, aqiqah, pesta, pemberian kado dan lain-lain.
Islam sebagai agama yang komprehensif memberikan perhatian besar terhadap peristiwa sakral tersebut. Di dalamnya ada tanggung jawab, kasih sayang, pendidikan dan lain-lain. Besarnya perhatian Islam terhadap hal ini, terlihat bagaimana ketentuan syariat mengatur tentang kelahiran bayi ini, mulai saat bayi masih dalam kandungan, ketika lahir dan saat dalam masa penyusuan hingga si bayi tumbuh dewasa.

Buku ini menjabarkan secara panjang lebar tentang permasalahan tersebut. Ditulis oleh ulama ternama, shaleh, zuhud, fakih dan berwawasan global. Dia adalah Ibnul Qayyim al-jauziyah. Kedalaman ilmunya dapat dibaca dalam pembahasannya yang menukik. Pembaca tidak hanya disuguhi bahasan hukum fikihnya saja, tapi juga nasehat yang indah, fakta ilmiah dan percikan keimanan.

No comments:

Post a Comment